Verifikasi Desa STBM Kabupaten Lombok Tengah

  • Jul 29, 2021
  • Desa Semoyang

Kamis, 29 Juli 2021
Verifikasi Desa STBM Kabupaten Lombok Tengah yang dilakukan oleh tim Verifikasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah di Desa Semoyang hari ini sudah dilakukan di beberapa titik (Tujuh Dusun) sebagai sampel. 
Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.
Program STBM memiliki indikator adalah sebagai berikut :

1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).

2. Setiap rumah tangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.

3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.

4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.

5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Atas dasar Indikator tersebut, maka pemerintah melalui Dinas Kesehatan mengadakan program Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar sembarangan, Maka salah satunya adalah Desa Semoyang yang merupakan bagian dari Program tersebut. Semoga dengan Verifikasi hari ini menjadi gambaran dan acuan untuk Pengembangan Program Desa ODF salah satunya penertiban pembuangan air besar di jamban (toilet) dan pembudayaan hidup bersih di lingkungan sekitar. 
#DESASEMOYANGMAJUBERMUTU 
#DESASEMOYANGODF
#DESASEMOYANGSEHAT