JUMAT BERSIH UNTUK LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT

  • Jan 08, 2022
  • Desa Semoyang

JUM’AT BERSIH, UNTUK LINGKUNGAN BERSIH

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Selain lingkungan terlihat indah, juga menjadi nyaman untuk ditempati. Lingkungan yang kotor dan tidak terawat akan berdampak buruk bagi masyarakat, misalnya dapat menyebabkan terjadinya banjir, serta lingkungan menjadi kotor sehingga tidak nyaman untuk ditempati. 

Hal itulah yang menjadi motivasi adik-adik mahasiswa KKN Terpadu Unram 2021 untuk mengadakan kegiatan jum’at bersih di desa Semoyang. Jum’at bersih merupakan kegiatan rutin setiap hari jum’at untuk membersihkan lingkungan. Yang setiap minggunya diadakan ditempat yang berbeda. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, mengajak masyarakat untuk hidup sehat, serta dapat mencegah terjadinya bencana, khususnya banjir. 

Jum’at bersih menjadi salah satu program kerja sampingan dari beberapa program kerja yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa KKN.

Kegiatan jum’at bersih ini dapat memotivasi masyarakat desa Semoyang untuk bergotong royong membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar agar bersih dari sampah, utamanya sampah plastik yang sulit untuk didaur ulang. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadikannya  sebagai kegiatan rutin.