Pelaksanaan Monev Dari Konsultan Manajemen Teknis dari Jakarta dan Tim Balai Provinsi NTB

  • May 22, 2023
  • Desa Semoyang

Senin, 22 Mei 2023
Pelaksanaan Monev Dari Konsultan Manajemen Teknis dari Jakarta dan Tim Balai Provinsi Nusa Tenggara Barat atas Pembangunan Program TPS3R ( Tempat Pengolahan Sampah -Reduce, Reuse, Recycle) yang sedang berjalan dengan persentase 2,6 % (Bulan 1).
Keberadaan TPS3R ini tentunya menjadi sangat bermanfaat karena mengurangi volume sampah di TPA karena terjadinya pengolahan dan penurunan kuantitas. Selain mengatasi jumlah sampah yang banyak, TPS3R juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar nantinya.
Teknologi TPS3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar TPS untuk dijual. Disamping itu, di TPS3R SEMOYANG LESTARI ini nantinya akan bergerak di budidaya Maggot atau belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam (BSF) sangat aktif memakan sampah organik. Proses biokonversi oleh maggot ini dapat mendegradasi sampah lebih cepat, tidak berbau, dan menghasilkan kompos organik, serta larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan unggas dan ikan. Kesadaran masyarakat akan keberadaan sampah baik organik maupun anorganik menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melakukan perubahan mindset bahwa hidup bersih dan sehat itu adalah bagian dari kebutuhan akan keberlangsungan hidup.
#TPS3RSEMOYANGLESTARI